e-cisaga, ecisaga, e cisaga, Sport, Life Style, Entertainment and Health

Senin, 18 April 2011

e-cisaga : SMPN 1 Cisaga Jadi Sekolah Unggulan



Walaupun berdomisili di daerah dan jauh dari pusat kota, tetapi keberadaan SMP Negeri 1 Cisaga dikategorikan sebagai sekolah unggulan dan uniknya tak kalah dengan sekolah setingkatnya yang ada di kabupaten/kota tetangga yaitu Kota  Banjar  tak terkecuali sudah lebelnya SBI “sekolah berbasis internasional”

Kenapa demikian? Sebab, SMPN 1 Cisaga berada di daerah perbatasan Kabupaten Ciamis-Kota Banjar, sehingga tak mengherankan bila kehadiran sekolah menengah pertama ini merupakan sekolah terfavoritnya sekaligus sekolah kebanggaaan warga untuk menyekolahkan putra-putrinya.

“Kami bersyukur, karena sekolah kami bisa diterima warga dan menjadi favorit, sehingga memberi semangat untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan maupun sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan belajar mengajar,”ungkap Drs.Darli, Kepala SMPN 1 Cisaga.
Adapun beberapa keunggulan yang dimiliki SMPN 1 Cisaga ini, di antaranya adalah sarana dan prasarana pendidikannya super lengkap yaitu bangunan gedung sekolah sangat modern berlantaikan 2 ditambah dengan ornament depan gedung sekolah tertata megah misalnya pintu gerbang. Juga benteng sekolah membentang memutari bangunan diseluruh sekolah, tentunya akan terjamin keamanan sekolah tersebut, akses dari luar tak bisa masuk ke dalam sehingga penerapan disiplin di SMP Negeri 1 Cisaga bisa diterapkan dengan baik.

Drs.Darli mengakui, bahwa penerapan kedisiplinan sebagai kunci dalam pengembangan pendidikan dari berbagai bidang.Karena itu tidak berlebihan, bila SMP Negeri 1 Cisaga maju dalam prestasi, contohnya para siswa banyak yang mendapatkan piagam penghargaan untuk tingkat Komisariat dan MKKS Kabupaten Ciamis, begitu juga tingkat Propinsi Jawa Barat dengan buktinya tim Voly Ball Jawa Barat salah satunya atlit dari siswa bernama Wendy kelas 9 SMP Negeri 1 Cisaga, kan itu prestasi sangat membanggakan.

Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, H.Tatang,S.Ag pun memberi komentar atas prestasi yang diraih SMPN 1 Cisaga ini, bahwa kemajuan dunia pendidikan di wilayah perbatasan Ciamis, dan kini kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Ciamis dinilai sudah merata sampai ke pelosok daerah.” Bahkan tak kalah berprestasi dan memiliki banyak keunggulan seperti yang banyak diraih oleh SMPN 1 Cisaga,”ungkapnya.

Selanjutnya Drs. Darli mengatakan, bahwa dirinya sangat menghargai jasa-jasa para kepala sekolah pendahulu, misalnya Bapak Jenalukmanulhakim sudah berjuang semaksimal mungkin dalam memajukan lembaga pendidikan SMPN 1 Cisaga.”Kalau saya hanya meneruskan dan sedikit sarana lain yang belum ada tinggal mengembangkan kualitas pendidikan ialah bidang studi, program studi dan kompetensi kelulusan sesuai yang diprogramkan SSN Sekolah Standar Nasional ini untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang cerdas dan berakhlak mulia yang berorientasikan ke program tambahan sekolah berbasis pesantren asiliti grem dan menjawab bisa komputer terpasang di kelas-kelas,” tegasnya.

Ketika ditanya mengenai kedisiplinan, lanjut Drs.Darli. di sekolah menjadi program yang diharuskan bukan hanya diterapkan kepada para siswa-siswi namun para guru termasuk dirinya akan terkena sanksi tak ada pengecualian, Selanjutnya pendukung untuk tenaga pengajar sudah memenuhi kebutuhan kecuali untuk guru BP masih kurang dan terakhir guru di SMP Negeri 1 Cisaga sudah punya sertifikasi guru mencapai 48%.” Kami siapakan menggali segala potensi lain yang ada di SMPN 1 Cisaga, sehingga menjadi SMP Unggulan di Kabupaten Ciamis meski berada di pesisian,”tutur Drs.Darli mengakhiri abrolan.  (JAJANG JAENUDIN/02097137)

2 komentar: